Saturday , 23 September 2017
Home » Android » [Tutorial] Cara Menginstall Google Play Store di Android (Tidak Terpasang atau Terhapus)

[Tutorial] Cara Menginstall Google Play Store di Android (Tidak Terpasang atau Terhapus)

Beberapa hari yang lalu, saya diminta bantuan teman untuk menginstall Google Play Store di Android yang telah di opreknya. Dia menggunakan LG G2 tapi menggunakan ROM xiaomi dan disana tidak ada Google Play yang terpasang. Jangankan Google Play Store, Google Play Service juga tidak terpasang. Begitu juga semua google apps atau framework yang diperlukan atau sebagai syarat penginstallan aplikasi-aplikasi dari Google juga tidak terpasang. So, disini akan saya jelaskan apa saja yang diperlukan sebelum anda dapat menginstall dan menjalankan Google Play Store.

Bagi yang suka ngoprek Androidnya mungkin catatan artikel ini bisa membantu anda untuk memecahkan masalah saat menginstall Google Play Store yang mungkin gagal. Atau, mungkin bagi anda yang Play Store app-nya terhapus.

Kembali ke hal yang diperlukan sebelum menginstall aplikasi ini. Jika anda menggunakan ROM yang tidak terdapat aplikasi Google sama sekali, anda harus menginstall terlebih dahulu beberapa aplikasi pendukung agar Play Store dapat berjalan dengan normal. Biasanya ini terjadi pada ROM xiaomi MIUI atau ROM lain yang dimodifikasi (MOD). Berikut ini langkah yang dapat anda lakukan sebelum menginstall Play Store:

  1. Install Google services framework
  2. Install Google account manager
  3. Install Google play services
  4. Install Google calendar sync

Nah, setelah itu anda dapat menginstall Google Play Store APK yang anda gunakan.

Lalu, dimana anda dapat mendownload semua aplikasi di atas? Anda dapat mencarinya di AndroidAPKsBox. Silahkan cari yang sesuai dengan smartphone anda karena anda harus menyesuaikan dengan versi Android anda dan menggunakan tehnologi arm atau arm64. Silahkan anda lihat hal tersebut pada bagian “File Information” sebelum anda mendownloadnya.

requirement

Contoh : Diatas untuk Android 5 atau diatasnya dengan teknologi ARM64 dan ARM. Jika ternyata anda menggunakan Android 4 atau dibawahnya anda harus mendownload versi yang lainnya. Cari di bagian “old version”.

requirementarmContoh: Nah, diatas APK tersebut diperuntukkan untuk Android 4.0 dan hanya untuk arm saja.

Setelah 4 aplikasi yang diperlukan tersebut telah terinstall di Android anda, selanjutnya anda dapat menginstall Google Play Store seperti biasanya. Oke, jika anda tidak mengetahui caranya berikut ini langkah-langkahnya:

  • Anda harus meng”ON”kan setingan Unknown sources pada setingan Android anda. Buka Settings >¬†Security > aktifkan Unknown sources.
  • Buka file browser anda dan buka folder dimana anda menyimpan APK file dari Google Play Store.
  • Install APK tersebut dengan klik / tap APK tersebut.
  • Proses instalasi selesai.

Setelah itu, anda dapat membuka Play Store dan biasanya akan masuk pada tampilan login Google. Seperti itu yang saya lakukan dan hasilnya Google Play Store berhasil masuk di smartphone teman saya. Jika ada pertanyaan silahan kirim komentar dibawah artikel ini.

Info:
Google Play Store (awalnya disebut Android Market) adalah saluran distribusi konten digital dan multimedia dari Google. Ini adalah toko buku, musik, film, aplikasi Android online, dan banyak lagi. Ini juga berfungsi sebagai media player cloud sehingga Anda bisa mendengarkan koleksi musik Anda dimana saja.

Perangkat Android memiliki akses ke Google Play dari aplikasi Play Store. Perangkat lain seperti iPhone dan komputer dapat menemukan sumber daya yang sama melalui aplikasi terpisah (misalnya Play Music, Play Film & TV, Play Buku) atau melalui situs web Google Play. Aplikasi ini muncul pada bulan Maret 2012 setelah Google mengubah keseluruhan strategi distribusi digitalnya, bergabung dengan layanan Android Market dan Google Music untuk membuat satu platform tunggal yang disebut Google Play.

Komentar Anda