Thursday , 29 June 2017
Home » Jaringan » Device » Perbedaan dan Pengenalan Router, Switch, Bridge dan Hub

Perbedaan dan Pengenalan Router, Switch, Bridge dan Hub

Router, Switch, Bridge dan Hub adalah perangkat jaringan yang hampir memiliki fungsi yang sama. Namun, pada artikel ini saya akan membedakan spesifik masing-masing perangkat dan fungsinya. Kita mulai dari Router.

Router

RouterRouter digunakan untuk menghubungkan beberapa network, baik yang memiliki teknologi atau network yang sama maupun yang berbeda. Contohnya menghubungkan network dengan topologi Bus, Star dan Ring atau class jaringan yang berbeda.

Router bekerja pada layer ke 3 dalam model OSI yaitu network yang bertanggung jawab mengatur pengalamatan (addressing) dan penentu rute (routing). Namun saat ini sudah mulai berkembang router yang mampu bekerja pada layer 4 yaitu transport. Biasanya fitur tambahan seperti firewall sudah ditambahkan di router jenis ini. (OSI layer akan kita bahas pada artikel selanjutnya)

This movie requires Flash Player 9

Bridge

BridgeDigunakan untuk menghubungkan dua buah LAN atau membagi sebuah LAN menjadi 2 segmen. Tujuannya untuk mengurangi traffik agar jaringan bekerja maksimal.

Bridge tidak membedakan network protocol address contohnya dia tidak mengenal IP karena bridge bekerja pada layer ke 2 yaitu datalink, jadi apapun protocol yang digunakan tetap diloloskan oleh bridge namun karena bekerja pada layer 2 bridge dapat mengenali alamat fisik (MAC address).

Bridge hanya dapat menghubungkan 2 buah segmen saja, namun jika kita ingin menghubungkan banyak segmen kita dapat menggunakan multiport bridge atau biasa kita kenal sebagai switch.

This movie requires Flash Player 9

Switch

SwitchCara kerja switch seperti bridge karena switch adalah bridge yang memiliki banyak port. Switch dapat mempelajari alamat hardware host tujuan sehingga informasi akan dikirim langsung ke host tujuan dan mengurangi traffic jaringan. Switch sekarang sudah berkembang dan beberapa mampu mengecek frame error dan memblock frame tersebut.

This movie requires Flash Player 9

Hub

HubHub mirip dengan switch yaitu sebagai konsentrator. Namun hub tidak secerdas switch karena hub hanya bekerja pada OSI layer 1 (Physical). Hub akan meneruskan atau membroadcast informasi yang melewatinya sehingga menyebabkan trafik yang tinggi dan ini yang membedakan hub dengan switch dan bridge.

This movie requires Flash Player 9

Komentar Anda