Wednesday , 18 October 2017
Home » Konsep » Konsep Multiple Boot

Konsep Multiple Boot

Anda bisa menginstall beberapa OS pada 1 komputer. Nah, sebenarnya hal itu tidaklah sulit jika kita sudah memahami konsep dasar partisi dan cara mempartisi harddisk. Dalam menginstall beberapa OS pada 1 komputer, yang perlu diperhatikan adalah partisi harddisk, sebaiknya kita menempatkan 1 OS pada 1 partisi. Jika kita ingin menginstall 3 OS windows maka kita harus memiliki 3 partisi khusus untuk si OS. Kemudian jangan lupa melakukan format setiap partisi dan install OS masing-masing pada setiap 1 partisi.

boot

Secara otomatis, windows akan menyediakan bootloader yang nantinya dapat kita pilih saat windows booting. Nah bagaimana cara mempartisi harddisk? Hal yang sangat mendasar. Berbagai software dan bahkan setiap OS sudah ada tools untuk partisi harddisk. Di windows saat install OS, kita bisa mempartisi. Saat OS windows sudah terinstall kita bisa mempartisi melalui disk managemen.

Nah, bagaimana jika kita ingin dual booting windows dan linux?

Lebih baik install windows dahulu karena linux lebih mudah mengenali windows dengan grub loadernya dibandingkan windows. Kemudian buat 1 partisi kosong sementara untuk tempat linux bernaung nanti. Jadi kondisi partisi adalah kosong 1 partisi yang mencukupi untuk linux. Kemudian baru kita install linux dengan mempartisi “1 slot kosong” yang tadi kita bicarakan. Linux dapat berjalan minimal ada swap dan  / .

Untuk cara mempartisi anda bisa menggunakan disk managemen windows, kunjungi link ini. Atau dengan Gparted di linux kunjungi halaman ini.

Mohon koreksi kalau salah :).

Komentar Anda